Minggu, 27 November 2011

Teenagger as the rehabilisator of global warming

Minggu, 27 November 2011.

Hello sahabat yangt ada di seluruh indonesia...
Salam kenal ya.

Di Tulis Oleh : Aldhi Tahalele

Kita tidak bisa memungkiri bahwa bahwa issue global warming telah menjadi issue penting, tidak saja pada tingkat Negara tetapi pada tingkat dunia, karena sangat berhubungan dengan kelangsungan hidup manusia di bumi. Bumi yang pada mulanya diciptakan dengan tujuan agar manusia mengelola isi bumi secara bertanggung jawab, perlahan tapi pasti bisa menuju kehancuran jika  semua pihak, baik Negara, pemerintah, dan pribadi melakukan tindakan nyata untuk mengurangi efek pemanasan global. Apa peran remaja serta bagaimana wujud keikut sertaan mereka dalam memperbaiki efek global warming sekaligus bukti peran remaja berjalan dalam kebenaran Kristus akan dijelaskan pada bagian berikut.

Pada abad 20 ini kita semua bersama-sama dengan masyarakat dunia diperhadapkan dengan fakta bahwa suhu rata-rata bumi telah meningkat  0.74 derajat Celcius dibandingkan dengan suhu rata rata di abad 19. Intergovernmental Panel on Climate Change menyimpulkan bahwa “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke 20 kemungkinan disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas gas rumah kaca akibat aktivitas manusia.” Penelitian penelitian lanjutan juga paling tidak menyimpulkan bahwa hingga tahun 2100 diperkirakan pemanasan dan kenaikan permukaan air laut akan mencapai 9-88 centimeter pada abad ke 21 dan meningkatkan kapasitas panas dari lautan. Hilang dan berkurangnya luas hutan tropis, pemakaian energy yang berlebihan, pembakaran bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbaharui seperti batubara, minyak bumi dan gas alam menyebabkan pembakaran tersebut melepaskan karbondioksida dan gas gas lainnya yang dikenal sebagai efek gas rumah kaca telah merusak atmosfir sebagai penahan panas matahari. Belum lagi diperparah dengan polusi udara oleh industry dan kendaraan bermotor serta rasa tidak memiliki akan bumi ciptaan Tuhan telah mempercepat kerusakan bumi dan meningkatkan efek efek keselamatan dan kesehatan manusia. IPCC bahwa memperkirakan bahwa jika tidak secepat mungkin dibenahi, maka diperkirakan sekitar 2000 pulau di Indonesia akan tenggelam dalam 30 tahun mendatang. Belum lagi diperparah dengan meningkatnya kondisi cuaca ekstrim yang lazim ditandai dengan badai tropis el nino yang juga memporak porandakan wilayah lautan Pasifik dan curah hujan yang semakin tinggi. Dengan curah hujan yang semakin tinggi maka sangat mungkin terjadi gagal panen di berbagai wilayah dunia serta berjangkitnya penyakit penyakit kristis di berbagai belahan dunia.

sahabat sahabatku terkasih,
Sekarang pertanyaan kritis untuk kita semua, khususnya para remaja yang terkasih. Apakah kita mau mewarisi semua masalah besar yang menghantui dunia? Apakah kita harus tinggal berdiam diri? Apakah ada hal-hal kecil yang bisa kita lakukan dalam peran kita untuk mencegah dan memperbaiki tingkat kerusakan yang lebih besar lagi? Akar dari krisis ekologis termasuk masalah pemanasan global dewasa ini, terletak pada kekeliruan perspektif manusia modern mengenai alam. Alam hanya dianggap sebagai object yang dapat memberikan keuntungan ekonomis bagi manusia. Atas nama profit, maka segala bentuk eksploitasi alam dan tindakan tak beretika terhadap alam dapat dihalalkan. Manusia memandang alam dalam sikap “economic wants” dan bukan sekedar “economic needs”. Manusia telah mengubah sikapnya terhadap alam dari sikap “butuh” menjadi sikap “serakah”.

Remaja sudah seharusnya mengambil peran yang signifikan untuk melakukan langkah-langkah kecil dalam memperbaiki alam. Hal Pertama yang harus diperbaiki oleh remaja adalah mengubah pandangannya terhadap alam. Remaja harus menjadi pelopor perubahan pemikiran bahwa alam harus dipelihara dan dijaga terus menerus serta memastikan bahwa segala tindakan remaja yang berhubungan dengan alam haruslah diperhitungkan dengan hati hati. Membuang sampah sembarangan, merubah prilaku peduli lingkungan, menanam kembali dan mengisi halaman kosong dengan tumbuhan, harus dimulai dari remaja.
Robert Borong menyatakan bahwa “pemanasan global merupakan akumulasi dari tindak pencemaran yang dilakukan oleh manusia modern, serta mengotori lingkungan. Banjir, longsor dan pencemaran adalah juga ulah manusia Pemanasan global bahkan merupakan buah tangan dari manusia yang tidak memahami hakekat dari penciptaan alam semesta oleh Allah.

sahabat sahabatku terkasih,

Hal Kedua yang bisa dilakukan oleh remaja adalah terlibat aktif dalam segala bentuk diskusi dan forum penyadaran kembali pentingnya menjaga alam. Perlu segera dibentuk forum komunikasi “Remaja Peduli Lingkungan” di setiap kalangan gereja, supaya mereka dapat saling bertukar informasi, memperkaya diri dengan pengetahuan serta melakukan tindakan nyata secara bersama sama dalam memelihara lingkungan. Forum tersebut diharapkan bisa menjadi alat daya dobrak dan koreksi terhadap setiap penyalah gunaan pemanfaatan lingkungan. Bumi sudah selayaknya dikelola menurut management Ilahi seperti yang dicantumkan dalam Kejadian 2: 19-20, dengan menggunakan dan memanfaatkan sumber alam dan yang terpenting adalah mengusahakan dan memeliharanya. Forum remaja peduli lingkungan akan menjadi forum yang memelihara alam secara baik dan bijaksana serta membagi informasi kepada jutaan umat di sekitarnya dalam rangka menghilangkan ketidak tahuan akan pentingnya alam serta langkah langkah pencegahan sesuai iman Kristen

sahabat sahabatku terkasih,

Mengakhir pidato saya ini, ijinkanlah saya untuk mengingatkan kita sekalian bahwa remaja yang takut akan Tuhan adalah remaja yang secara terus menerus berusaha untuk berjalan dalam kebenaran terang firman Tuhan dan sudah menjadi tugas kita sebagai remaja untuk menerapkan kebenaran firman Tuhan itu dalam bentuk menyadarkan jutaan remaja lain disekitar kita serta mengajak mereka untuk meningkatkan rasa memiliki bumi ciptaan Tuhan.

Remaja yang berjalan dalam kebenaran adalah remaja yang peduli dengan lingkungan untuk masa depan mereka, bahkan generali setelah mereka. Biarlah kita mengingat pendapat Filsuf terkenal Aristoteles bahwa: Aku berpikir akan hal hal yang baik dan benar, karena aku ingin hidup bukan saja hari ini tetapi juga di hari hari depan generasi mendatang.

By :
Aldhie_Tahalele_Moluccas
Blog : http://aldhietahalele.blogspot.com
E-mail : aldironjhonytahalele@yahoo.co.id


Sabtu, 26 November 2011

Info Olahraga

Gabungan pemain-pemain timnas U-23 dan timnas senior bakal melayani LA Galaxy AS, yang dimotori David Beckham. Sebanyak 21 pemain dipanggil bergabung. Dari jumlah itu, 11 pemain dipanggil dari tim nasional yang berlaga di ajang SEA Games 26 lalu.
Sedangkan untuk pelatih dipercayakan juga pada Rahmad Darmawan yang menangani timnas di SEA Games 26. Dua pemain naturalisasi asal Pelita Jaya, Greg Nwonkolo dan Victor Igbonefo juga dipanggil bergabung.
Kedatangan Beckham cs dipromotori Mahaka Sports dan Brown Sports. Rencananya, Beckham dan rombongan Galaxy tiba di Jakarta 28 November 2011. Beckham dan rombongan akan melakukan meet and greet dan coaching clinic sebelum bertanding melawan timnas pada 30 November mendatang.
Berdasar rilis yang diterima Republika, inilah skuad timnas yang bakal menjajal kekuatan LA Galaxy;
Pelatih: Rahmat Darmawan
Timnas U-23: Kurnia Meiga, Andritany Adhriyasa, Diego Michiels, Abdul Rahman, Hasim Kipuw, Mahadirga Lasut, Egi Melgiansyah, Okto Maniani, Andik Vermansyah, Patrich Wanggai, Titus Bonai
Timnas Senior: Firman Utina, Ahmad Bustomi, M. Ridwan, Cristian Gonzales, Boaz Salossa, Hamka Hamzah, Bambang Pamungkas, Greg Nwonkolo, Victor Igbonefo, Zulkifli.

VISI & MISI Ketua OSIS


Ditulis Oleh : Aldhie Tahalele
Visi & Misi
Calon Ketua OSIS
SMP Negeri 9 Ambon

Visi  :
Menjadikan SMP N 9 ambon sebagai sekolah yang bermutu & berkualitas, serta menciptakan rasa kebersamaan diantara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru. Juga membentuk karakter siswa menjadi siswa yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan.

Misi :
v Menjalankan seluruh tugas serta program Osis yang telah dirancang
v Meningkatkan kedisiplinan siswa dengan cara melaksanakan pemeriksaan Osis 3* se-minggu
v Melakukan  kegiatan ekstra kuriluler
v Melaksanakan program retreet camping dalam rangka membentuk karakter siswa menjadi siswa  - siswi yang disiplin dan berani
v  Melaksanakan kegiatanPorseni diadakan secara non akademis maupun akademis untuk mengembangkan bakat bakat yang dimiliki siswa.

Mako - Mako


Mako-mako
Ditulis oleh : Aldhie Tahalele
Tema : Melestarikan Budaya Bangsa
 .
Tarian Mako-mako adalah tarian yang berasal dari Amahai, pulau seram, kabupaten Maluku Tengah. Tarian ini biasanya dibawakan dalam bentuk Kahua, kahua sendiri melambangkan persatuan dan kesatuan. Kahua ini dibawakan dalam bentuk Kapata. Kapata atau bahasa tutur merupakan kapata perang. Ada 2 kapata yaitu, kapata Siwalima, dan kapata mainuru, Kapata peperangan yang diberitakan kapitan atau panglima perang. Dalam sejarah kehidupan masyarakat Maluku kapata dikenal luas sebagai kapata tutur yang dibawakan oleh kelompok – kelompok masyarakat adat.
Kapata berungsi untuk menuturkan kembali sejarah kehidupan dan perkembangan masyarakat pada aspek kehidupan. Tarian ini bernama Mako-mako yang di bawakan oleh 4-10 orang penari, 1 orang kapitan, 3 pengiring (tifa), 1 orang (tahuri/Kuli bia), dan 1 orang (Suling bambu). Tarian ini juga diiringi sebuah lagu yang dibawakan dalam bahasa tanah yaitu “Kapata siwarima”. Berikut adalah lagu tersebut.

Kapata Siwarima
Tui-tuiya hei lete, hei lete (2x)                                                                                                                      hei lete…..e nunusaku….o, nunusaku…o                                                                                      riaimoma tarale…le, tarale…le (2x)                                                                                               taralele… morialasamo ( morialasamo )
1.    Uru siwarima – uru siwalima…o (2x)
Uru siwarima – uru nusaina…o92x)

2.    Mae sama ito- sama ito mae…o (2x)
Sama ito mae – ito lekahua…o (2x)

3.    Upu patasiwa – toti apa pua mae (2x)
Apa pua mae – upu patasiwa…o (2x)

4.    Nunusaku…o – nunusaku…o (2x)
Nunu nusaina – nunu siwarima…o (2x)

5.    Upu lepa pela – upu ina lepa…o (2x)
Kwele batai telu – kuru siwarim…o (2x)

6.    Sei hale hatu – hatu lisa pei…o (2x)
Sei lesi sou – sou lesi pei…o (2x)

Manu waile, sima manu waile (2x)
Yailo – yailo makate, yailo mata mao…o (2x)

Kasituri – turi mahinano, lelemaru – maru…o (2X)
Rosi – rosi nekoyaba, rosi ruma lele (2X)

“Perlu mengingatkan bahwa dalam tarian ini terdapat beberapa kode yang diberikan oleh pengiring bagi para penari”


Alur Tarian

Awalnya seorang pengriring akan meniup tahuri atau kuli bia sebanyak 3x setelah itu kapitan akan berdiri sambil ber “Huele”  :
wele…… wele……e.e.e.. upu ama, upu ina aleo……

kemudian para penari akan merespons dengan kata :
Mae….eee.. oooo

Setelah itu tifa mulai dimainkan, lagu mulai dinyanyikan dan penari pun mulai menari. awalnya mereka membentuk garis panjang, dilanjutkan dengan dua garis pendek, kemudian mereka maju mundur membentuk huruf “y” setelah itu para penari akan membentuk lingkaran, dan didalam bentuk lingkaran mereka akan menari berputar sambil meloncat. Selanjutnya mereka akan duduk membentuk huruf “V” sambil mengangkat tangannya ke atas, dan saat itu suling pun mulai ditiup, Kemudian berdiri dan kembali melakukan tarian membentuk lingkaran. Dalam lingkaran ini mereka akan maju mundur membentuk lingkaran besar dan kemudian kecil, berulang kali.  setelah itu irama tifa di percepat, dan penari tetap dalam bentuk lingkaran hingga tarian ini selesai.

Sekilas Info Kesehatan



Ditulis Oleh : Aldhie Tahalele

Dampak Merokok


Bersyukurlah bagi mereka yang tak pernah menyentuh rokok.... Dan bersyukurlah saya yang juga bukan perokok... Karena dampak merokok baru muncul setelah 25 tahun menghisap asap tembakau secara terus-menerus. Memang dampak yang ditimbulkan sangat horor..... Kanker paru-paru, serangan jantung dan segala penyakit yang disebabkan rokok ini pun tidak mengurangi niat para perokok untuk segera insyaf dan kembali ke kehidupan normal dan sehat seperti sediakala sebelum merokok.....

Merokok sudah mendarah daging meresap di sendi kehidupan masyarakat.... Rokok pun sudah menjadi tiang penyangga ekonomi bangsa. Pajak terbesar ya dari cukai rokok... Bangsa ini sudah sedemikian terbelenggu oleh rokok. Sehingga ketika rokok diharamkan, maka terjadi banyak pembelaan... Rokok sudah menjerat peradaban.....

Rokok memang bikin kecanduan.. Seperti blog juga yang bikin kecanduan, dan saya tak bisa lepas secara drastis dari dunia blog. Mungkin nanti perlahan-lahan.... Hehehe.... Rokok bagi sebagian orang adalah seperti doping.. Penyemangat dalam kegiatan sehari-hari mereka... Merokok bisa memacu kreatifitas dan ide untuk mencari nafkah ditengah susahnya kehidupan sekarang ini.... Merokok pun bisa membuat pikiran terasa melayang sehingga deraan masalah dan stress seperti terbang dan hilang juga..... Rokok pun menjadi alat pemererat kekeluargaan dan persahabatan... Banyak lagi manfaat rokok lainnya...



Disamping manfaat 'semu' merokok itu tadi terdapat banyak dampak buruk dari merokok. Salah satunya adalah pos pengeluaran yang digunakan untuk tetap melestarikan kegiatan 'membakar uang' dan menghirupnya.... Banyak penyakit pun mengintai di seberang sana, ketika rokok sudah menjadi candu.... Atau seringkali muncul bahkan sebelum menjadi pecandu... Kanker... Makna kantong kering maupun makna sesungguhnya, kanker penyakit terus menghantui para pecandu asap tembakau...

Banyak cara untuk melepaskan diri dari jerat rokok, banyak jalan untuk berhenti merokok. Pertama sekali adalah niat dari perokok itu sendiri, kemudian dibarengi dengan aksi berhenti total (atau perlahan-lahan) dari merokok. Penyadaran dari lingkungan pun diperlukan selagi pemakai rokok masih tercandu oleh godaan rokok. Prinsipnya sama seperti rehabilitasi narkoba lah.... Tulis dan resapi bahaya dibalik nikmatnya asap rokok, sadar bahwa merokok merupakan kegiatan yang sia-sia dan boros yang jauh dari kesan hemat adalah salah satu cara ampuh menekan konsumsi rokok. Sadar bahwa masih banyak hal yang bisa dilakukan dengan uang untuk merokok... Membiayai uang untuk sekolah anak, uang makan dan belanja untuk istri dan menabung atau bersedekah merupakan hal bijak yang harusnya dilakukan.

Baru-baru ini MUI akan mengeluarkan fatwa haram merokok. Hmm... Sudah sedemikian jauh ni rupanya gerak MUI. Memang rokok sudah menjadi jerat bagi peradaban kita. Rokok menjadi penopang utama kegiatan perekonomian kita. Banyak pekerja di perkebunan tembakau cengkeh dan lain-lain yang berhubungan langsung dengan bisnis besar rokok. Juga para buruh pelinting rokok manual di pabrik-pabrik rokok yang jumlahnya tak bisa dihitung jari. Semua perlu hidup, karena mereka bergantung pada industri rokok. Jika rokok dihapuskan, maka nasib mereka pun akan dipertaruhkan. Puluhan ribu buruh pabrik rokok akan menganggur, ribuan petani tembakau gulung tikar, dan penjual rokok jalanan harus menderita..... Geliat industri rokok sudah mendarahdaging dan tak bisa begitu saja dihapuskan.

Karena merokok adalah kesalahan manusia sejak awal yang sudah saking salah kaprahnya menjadi tulang punggung ekonomi kita. Beasiswa dari rokok. Olahraga berkembang karena rokok. Pajak berlipat-lipat karena rokok. Oh rokok..... Tidak bisa serta-merta kita hilangkan begitu saja...

Alangkah lebih bijaknya jika penyadaran tentang bahaya merokok yang digalakkan bukan dengan pemaksaan lewat fatwa semacam ini. Kalau saat ini masih banyak yang belum tersadarkan, ya itu masalah kampanye penyadaran bahaya merokok masih kalah ketimbang serbuan iklan tentang merokok yang menunjukkan fantasi kegagahan, keberanian dan kemachoan seorang lelaki dengan petualangan hidupnya.... Seandainya kampanye tentang bahaya merokok ini mampu mengalahkan kampanye iklan rokok, bukan tak mungkin banyak yang tersadarkan. Tinggal adu kreatif saja........ Hehehe... Membatasi usia perokok dan menaikkan cukai rokok sehingga terjadi seleksi alam dari para perokok itu sendiri merupakan langkah yang cukup masuk akal ketimbang membumihanguskan lumbung padi untuk menangkap tikus keparat.

So... Kembali ke kesadaran pribadi masing-masing. Masihkah merokok menjadi satu kebutuhan atau sesuatu yang harus dihindari?

TIPS DAN TRIK UN MATEMATIKA SMA 2012

Ditulis Oleh : Anang's Blog
Diterbitkan Oleh : Aldhie Tahalele
Tentang UN Matematika SMA 2012
.
SKL 1. LOGIKA MATEMATIKA
  1. Penarikan kesimpulan :
    Logika
    sederhana mengingat kontraposisi, jika motor bisa lewat maka mobil juga
    bisa lewat. Lha jika mobil tidak bisa lewat, maka motor tidak bisa
    lewat.
    Logika sederhana mengingat arti jika maka, jika bukan rabu
    maka kamis, jika bukan kamis maka rabu, maka artinya rabu atau kamis.
    (Jika pada jawaban tidak menemukan implikasi maka bisa diganti dengan
    disjungsi)
    Ingat cara penarikan kesimpulan silogisme. Coret yang sama.


SKL 2. ALJABAR
  1. Aturan Pangkat
    (Trik: tanda x berubah menjadi +, dan tanda / berubah menjadi –, dikurung bagi adil, dipangkat jadi dikalikan)
  2. Aturan Akar:
    Merasionalisasi
    bentuk akar. Teknik merasionalisasi adalah mengalikan bentuk akar
    dengan 1. Tetapi 1 itu diganti pembagian dua bentuk akar tsb atau
    pembagian dua bentuk sekawan akar.
    Menyederhanakan bentuk akar.
  3. Persamaan Logaritma:
    Jika bentuk soalnya adalah diketahui
    3log 4 = a, 3log 5 = b, ditanya bentuk logaritma yang lain, maka tambahkan satu yang diketahui yakni cari bilangan yang sama dan tetapkan 3log 3=1.
    Jika ketemu 4 tulis a, jika ketemu 5 tulis b, jika ketemu 3 tulis 1.
    (Trik: Ingat konsep alog b = log b / log a)
    Jika persamaan logaritma mirip Persamaan Kuadrat (PK), maka kerjakan dengan memfaktorkan PK tersebut.
  4. Diskriminan fungsi Persamaan Kuadrat (PK):
    Jika fungsi PK memotong sumbu x maka D>0, menyinggung D=0, tidak menyinggung atau tidak memotong D<0
  5. Rumus Jumlah Kali Akar PK:
    Jika ax
    2 + bx + c = 0, maka: x1 + x2 = - b/a, x1 + x2 = - c/a.
    x
    1 + x2 = 0, maka nilai b = 0,
    x
    1 . x2 = 1 (akar saling berkebalikan), maka nilai c = a,
    x
    1 - x2 = n, maka D = (na)2 ,
    x
    1 = x2 , maka D = 0. Artinya b2 = 4 ac
    x
    1 = nx2 maka, shg n.b2 = (n+1)2. ac (Trik: Angka 1 = n, angka 4 = (n+1)2)
  6. Menyusun PK Baru:
    Gunakan sifat jumlah hasil kali akar.
    (Trik: subtitusi invers dari akar baru)
  7. Persamaan Garis Singgung (PGS) Lingkaran:
    Jika diketahui m = gradien maka PGS lingkaran adalah y = mx ± r √(1+m
    2).(Trik: PGS lingkaran adalah turunan dari fungsi lingkaran)
  8. Fungsi Komposisi:
    Ingat (fog)(x)=f(g(x)), artinya substitusikan g(x) ke f(x).
    (Trik: gunakan konsep perkalian kanan kiri Matriks)
  9. Fungsi Invers:
    Jika f(x) = (ax-b) / (cx-d) maka f
    -1(x) = (dx-b) / (cx-b), tukar negative antara a dan d.(Trik: balik operasi lalu balik urutan)
  10. Teorema Sisa:Ingat, sisa adalah nilai fungsi. Sisa pembagian oleh (x-a) adalah f(a).(Trik: pembagi samadengankan nol)
  11. Teorema Faktor:
    Gunakan cara horner biasa atau bertingkat.
  12. Sistem Persamaan Linear:Gunakan metode eliminasi substitusi.
    (Trik: Gunakan metode determinan matriks)
  13. Program Linear:
    Menentukan nilai optimum.
    (Trik: Gunakan sifat gradien atau garis selidik)
  14. Matriks:
    Ingat sifat determinan matriks. |A
    -1| = |A|-1 dan |AT|=|A|
  15. Sudut antara dua vektor:cos θ = (a.b) / (|a||b|)
  16. Panjang proyeksi atau vektor proyeksi:Proyeksi a ke b,|c| = |a| cos θ, c = |c| b
  17. Komposisi dua transformasi:Ingat sifat fungsi komposisi.(Trik:
    matriks hasil transformasi adalah berisi bayangan transformasi titik
    A(1,0) dan B(0,1). Kolom 1 diisi hasil transformasi A, kolom 2 hasil
    transformasi B)
  18. Invers Fungsi Eksponen dan Logaritma:Ingat sifat eksponen dan logaritma yang saling invers.alog b = c <=> ac = b(Trik: cara membaca berlawanan arah jarum jam dari a)
  19. Suku ke-n Deret Aritmatika:Gunakan metode eliminasi substitusi.(Trik: jika Un menyatakan suku ke-n, beda adalah selisih Un dibagi selisih n)
  20. Deret Aritmatika atau Geometri:Gunakan rumus jumlahan deret.


SKL 3. GEOMETRI
  1. Jarak Dua Objek:Ingat jarak terpendek selalu tegak lurus dengan garis.
    Gunakan aturan Pythagoras, dan aturan trigonometri.
  2. Sudut Dua Objek:Ingat sifat aturan sinus atau cosinus.
    Gunakan aturan Pythagoras, dan aturan trigonometri.


SKL 4. TRIGONOMETRI
  1. Aturan Sinus Cosinus Pada Segi Banyak:Ingat aturan sinus. Perbandingan sudut dan sisi berhadapan adalah konstan.
    Ingat aturan cosinus. Mirip aturan Pythagoras, tapi ada tambahan +2ab cos θ
    .
  2. Volume Bangun Ruang menggunakan aturan Sinus Cosinus:Aplikasi aturan sinus cosinus untuk menentukan volume bangun ruang.
    Ingat
    luas bangun ruang berbentuk prisma adalah luas alas kali tinggi, bangun
    ruang berbentuk kerucut sepertiga luas bangun ruang prisma.
  3. HP Persamaan Trigonometri:Gunakan sifat trigonometri sudut kelipatan periode fungsi trigonometri, bawa ke bentuk kuadran, lalu bawa ke bentuk kuadran I.(Trik:
    menentukan nilai sudut trigonometri, ingat pola nilai trigonometri
    kuadran I s/d IV, atau bentuk grafik fungsi trigonometri)
  4. Menghitung Rumus Jumlah Selisih Trigonometri:Gunakan aturan rumus jumlah selisih trigonometri.(Trik: kalau iSIN maka yang ngeKOS DISEMBUNYIKAN, kalau pengen ngeKOS ayo ngeKOS BARENG-BARENG yang iSIN GAK USAH IKUT)
  5. Menganalisis Rumus Jumlah Selisih Trigonometri:Gunakan aturan rumus jumlah selisih trigonometri untuk menentukan nilai trigonometri yang lain.


SKL 5. KALKULUS
  1. Limit Aljabar:Nilai limit yang diperbolehkan adalah selain bentuk tak tentu berikut: 0/0, ∞/∞, ∞±∞.(Trik: aturan L’hopital, gunakan turunan untuk menyelesaikan limit, dan sifat turunan modifikasi untuk limit bentuk akar.)
  2. Limit Trigonometri:Ingat sifat identitas trigonometri, khususnya cos 2x.(Trik:
    SINTA CORET, hilangkan notasi sin tan. Sementara untuk COS, CORET semua
    jika nilainya 1 dan UBAH bentuk COS yang nilainya 0 atau bentuk (1 – cos
    θ ) atau (cosθ – 1))
  3. Aplikasi Fungsi Turunan:Nilai
    optimum didapatkan dari turunan fungsi samadengan nol. Dinotasikan,
    f(x) optimum pada x yang memenuhi f’(x) = 0. Penyelesaiannya mungkin
    menggunakan aturan dan sifat PK.
  4. Integral Tak Tentu Aljabar:Teknik pengerjaan integral:
    1. Langsung (bila bukan perkalian atau pembagian, sesuai dengan aturan integral yakni pangkat terlihat jelas),
    2.
    Harus diubah bila masih memungkinkan untuk dikerjakan (biasanya bentuk
    fungsi berpangkat, bentuk pembagian yang bisa disederhanakan, bentuk
    akar yang pangkatnya tidak Nampak, dll)
    3. Substitusi (dimana turunan fungsi yang disubstitusikan adalah perkalian skalar dari fungsi diluar fungsi berpangkat)
    4. Parsial (jika langkah 1, 2, atau 3 bentuk integral masih tidak memungkinkan untuk diselesaikan)
    (Trik: integral parsial juga bisa diselesaikan menggunakan metode tabulasi)
  5. Integral Tak Tentu Trigonometri:Teknik pengerjaan integral trigonometri:
    1.
    Langsung bila terdapat bentuk diantara 6 turunan fungsi trigonometri
    (turunan sin, cos, tan, sec, cosec, dan cotan. Keenam turunan fungsi
    trigonometri ini wajib hafal).
    2. Diubah, bila masih memungkinkan
    munculnya bentuk 6 turunan fungsi trigonometri dengan menggunakan
    aturan identitas trigonometri. Atau jika masih terdapat bentuk
    perkalian, gunakan sifat rumus perkalian dua trigonometri menjadi
    penjumlahan atau pengurangan trigonometri.
    3. Substitusi, bila
    terdapat sin atau cos berpangkat satu ditemani cos atau sin berpangkat
    lebih dari satu. Atau bila terdapat gabungan fungsi aljabar dan
    trigonometri dimana turunan nilai sudut trigonometri adalah perkalian
    skalar dari fungsi aljabar tersebut.
    4. Parsial, bila langkah 1, 2, atau 3 masih tidak memungkinkan bentuk integral untuk diselesaikan.
    (Trik: integral parsial juga bisa diselesaikan menggunakan metode tabulasi)
  6. Integral Tertentu Aljabar:Setelah
    menyelesaikan hasil integral, dilanjutkan dengan menghitung hasil
    substitusi batas atas ke lantas dikurangi hasil substitusi oleh batas
    bawah.
    (Trik:
    untuk mempercepat proses perhitungan lakukan perhitungan hasil
    substitusi x sekaligus dikurangi hasil substitusi batas bawah)
  7. Integral Tertentu Trigonometri:
    Setelah
    menyelesaikan hasil integral, dilanjutkan dengan menghitung hasil
    substitusi batas atas ke lantas dikurangi hasil substitusi oleh batas
    bawah.
    (Trik:
    untuk mempercepat proses perhitungan lakukan perhitungan hasil
    substitusi x sekaligus dikurangi hasil substitusi batas bawah)
  8. Integral untuk Luas Daerah:Luas
    daerah yang dibatasi fungsi dan garis batas bawah a dan batas atas b
    adalah INTEGRAL TERTENTU dari a ke b dari fungsi. Sumbu garis batas
    menentukan operator integral yang digunakan. Bila fungsi dan operator
    belum sesuai maka gunakan sifat fungsi invers.
    Ingat bila terdapat dua grafik maka tentukan dulu grafik mana yang memiliki nilai lebih besar.
    (Trik:
    gunakan nilai determinan untuk menyelesaikan luas dengan cepat jika
    hanya diketahui satu atau dua fungsi tanpa garis batas, atau sifat luas
    besar luas kecil bila grafiknya diketahui)
  9. Integral untuk Volume Benda Putar:Volume benda putar yang dibatasi garis batas bawah a dan garis batas atas b adalah π
    dikalikan integral tertentu dari a ke b dari kuadrat fungsi. Sumbu
    garis batas menentukan operator integral yang digunakan. Bila fungsi
    dan operator belum sesuai maka gunakan sifat fungsi invers.
    Ingat bila terdapat dua grafik maka tentukan dulu grafik mana yang memiliki nilai lebih besar.
    (Trik:
    gunakan nilai determinan untuk menyelesaikan volume dengan cepat bila
    hanya diketahui satu fungsi dan hanya dibatasi garis sumbu)


SKL 6. STATISTIKA
  1. Ukuran Pemusatan:Mean atau nilai rata-rata, adalah jumlah nilai dibagi banyak nilai. (Trik: pilih rata-rata sementara, gunakan selisih atau urutan)Median,
    nilai tengah, adalah nilai yang terletak ditengah-tengah data terurut.
    Untuk data interval, bahan-bahan yang digunakan adalah titik bawah
    kelas median, letak median, frekuensi median dan frekuensi kumulatif
    sebelum kelas median, dan interval kelas.
    Modus adalah nilai yang
    paling sering muncul. Untuk data interval, bahan-bahan yang digunakan
    adalah titik bawah kelas modus, frekuensi sebelum dan sesudah kelas
    modus, dan interval kelas.
  2. Kaidah Pencacahan, Permutasi, atau Kombinasi:Pencacahan, biasanya jika ditanyakan susunan angka.
    Ingat ada dua kata yang dipakai, SUSUN atau AMBIL.

    Kalau SUSUN semua, pasti faktorial.
    SUSUN tapi ada yang sama, faktorial dibagi faktorial yang sama.
    Nah,
    bila kata AMBIL, bila urutan diPERhatikan maka pasti menggunakan aturan
    PERmutasi, tapi bila urutan tidak diperhatikan (AB=BA) maka pasti
    menggunakan KOMBINASI.
    (Trik: PERMUTASI perkalian akhir. KOMBINASI perkalian akhir dibagi perkalian awal.)
  3. Peluang Kejadian:Teknik
    menentukan n(A) jumlah kejadian, dan n(S) jumlah keseluruhan ruang
    sampel adalah menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau kombinasi.
    Peluang kejadian adalah P(A) = n(A) / n(S)